• Home
  • Politik
  • DAK Meningkat, APBD Riau 2019 Diprediksi Naik Rp1 Triliun

DAK Meningkat, APBD Riau 2019 Diprediksi Naik Rp1 Triliun

Hadi Pramono Selasa, 06 November 2018 15:00 WIB
PEKANBARU - APBD Riau 2019 diprediksi akan naik hingga Rp1 triliun sehubungan dengan meningkatnya Dana Alokasi Khusus (DAK). Ini bersumber dari hasil penjualan minyak dan gas.

Aherson, anggota Banggar DPRD Riau sebut, total APBD Riau tahun 2019 diprediksi naik Rp1 triliun dari perkiraan awal. Meningkatnya Dana Alokasi Khusus (DAK) menjadi salah satu penyebabnya.

"Informasi terbaru dari pihak Kemenkeu, DAK bakal meningkat dari hasil penjualan Migas, karena sebelumnya dihitung dengan harga 40 USD perbarel sekarang sudah 70 USD perbarel," kata Aherson kepada wartawan, Selasa (06/11/18).

Hal ini menurutnya akan berpengaruh terhadap jumlah APBD Riau tahun 2019 yang saat ini tengah dibahas di DPRD Riau. Sebelumnya diperkirakan diangka Rp8,3 triliun menjadi R9,4 triliun.

"MoU-KUAPPAS hingga kini belum bisa dilaksanakan karena belum duduknya perhitungan antara pendapatan dan belanja," ungkap politisi Demokrat ini.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD Riau, Septina Primawati. Berhubung baru sebatas informasi, maka pihaknya akan mendatangi Kemenkue langsung. 

"Jadi kita pertanyakan ke pihak kementerian, kalau jika memang benar pasti akan merubah perhitungan kita, tapi walau bagaimanapun, kita tetap targetkan bahwa ketok palu pada 30 November mendatang," tutup politisi Golkar ini.

(rtc/adi)
Tags APBD RiauDAKDPRD Riau
Komentar