• Home
  • Politik
  • Ini Nomor Urut dan Tanggapan Pasangan Calon Pilgubri 2018

Ini Nomor Urut dan Tanggapan Pasangan Calon Pilgubri 2018

Hadi Pramono Selasa, 13 Februari 2018 16:47 WIB
Calon gubernur dan wakil gubernur Riau mengambil nomor urut Pilkada Riau 2018.
PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menggelar pleno penetapan nomor urut pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Selasa (13/2/2018).

Rapat pleno yang digelar di ballroom hotel Aryaduta, Pekanbaru Riau ini, dihadiri keempat pasangan calon. Selain itu, rapat pleno penetapan pasangan calon ini juga di padati pendukung dan partai koalisi partai pengusung serta simpatisan.

Dari pencabutan nomor urut, Syamsuar-Edy Nasuiton mendapat nomor urut 1, sementara Paslon Lukman Edy- Hardianto mendapat nomor urut 2, Firdaus - Rusli Effendi mendapat nomor urut 3 dan pasangan petahana Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno mendapat nomor urut 4

Usai pencabutan nomor urut, para pendukung dan simpatisan langsung meneriakkan jagoan mereka. Ballroom Arayaduta pun menjadi riuh akibat suara menggema para pendukung. Hingga berita ini diturunkan, pleno masih berlangsung.

Apa tanggapan masing-masing paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau?

1. Syamsuar-Edy Natar Nasution
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Syamsuar-Edy mendapatkan nomor urut 1 dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Riau. Acara pleno penetapan nomor urut Paslon digelar di Hotel Aryaduta, Selasa (13/2/2018).

Syamsuar mengatakan nomor ini memang menjadi harapan bagi dirinya dan juga Edy Natar, dan ternyata Allah meridhoi harapan tersebut.

"Kalau kita ikut suatu pertandingan tentu kita ingin juara satu. Sama juga seperti Pilkada, tentu kita juga ingin juara 1. Jadi nomor 1 bagi kami adalah doa dan harapan bagi kita semua untuk nantinya bisa terpilih untuk memimpin Riau," ujar Syamsuar.

Syamsuar mengatakan sebelumnya dirinya tak ada mimpi sama sekali mendapatkan nomor ini.

"Tapi dari apa yang kami rencanakan bersama kawan-kawan yang setiap ada acara selalu tampilan kami itu nomor 1. Nomor 1 yang selalu kami sampaikan adalah nomor 1 ini adalah tauhid. Tauhid itu adalah allahu akbar, dan Allah Maha esa," ungkapnya.

Lebih lanjut Syamsuar mengatakan untuk tahapan selanjutnya yakni kampanye, pihaknya telah menyiapkan program jalinet cepat menuju Riau emas.

"Mudah-mudahan di Riau terlaksana Pilkada aman damai dan terpilih pemimpin yamg terbaik di Riau," punglasnya.

2. Luman Edy-Hardianto
Nomor urut pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024 telah didapati. Dan 'pasangan Zaman Now' Lukman Edy (LE)-Hardianto pun memperoleh nomor 2.

Lukman Edy kepada sejumlah wartawan mengatakan bahwa nomor urut 2 merupakan angka yang baik. Dan ini sesuai dengan simbol dua jari yang selama ini digadang-gadangkan oleh pasangan ini. Dimana, jari telunjuk menghadap keatas dan jempol mengarah ke samping.

"Nomor 2 ini adalah angka yang baik dan sebenarnya sesuai dengan harapan kita. Simbol 2 jari kita selama ini, yang satu telunjuk mengarah ke atas sebagai simbol hablumminallah (hubungan kepada Allah), dan yang satu adalah jari jempol yang mengarah ke samping itu hablumminanas (hubungan sesama manusia)," terang Lukman Edy.

Dijelaskan LE, keberuntungan memperoleh nomor 2 itu juga dikarenakan tangan bagus dari Hardianto. Dimana, awalnya Hardianto-lah yang mengambil nomor urut bagi Lukman Edy untuk mencabut nomor urut di kesempatan pertama.

"Awalnya kan Hardianto yang cabut nomor duluan untuk antrian pencabutan nomor urut bagi calon gubernur. Nah, Hardianto berhasil mendapatkan antrian pertama sehingga saya diberikan kesempatan pertama sekali mencabut nomor urut. Dan Alhamdulillah, setelah membaca doa, saya cabut dan dapat nomor 2," katanya.

Sementara itu, tim relawan AKU LE, Eddy RM juga merasa senang dengan nomor urut 2 yang berhasil dicabut LE. Sebab katanya, nomor urut 2 ini punya tuah. Dimana dulu, Gubernur Riau Annas Maamun yang berpasangan dengan Wakil Gubernur Riau Andi Rachman juga memegang nomor urut 2 ketika memenangkan Pigubri 2013.

"Atuk Annas dulu menang pakai nomor urut 2. Dan keberuntungan Atuk Annas lalu sepertinya juga ada di nomor urut 2 LE ini," ujar Eddy RM yang juga pernah menjadi tim sukses Annas-Andi Rachman ini.

3.Firdaus-Rusli Effendi
Pasangan calon gubernur Riau, Firdaus-Rusli Effendi, mengaku tidak menyangka akan mendapat nomor urut 3 pada Pilkada Riau 2018. Angka 3 memiliki arti tersendiri bagi Firdaus. Karena pada Pilkada Kota Pekanbaru Firdaus dulu juga mendapatkan angka 3.

"Alhamdulillah dan sangat bersyukur. Mudah-mudahan ini pertanda awal untuk meraih kemenangan. InsyaAllah," kata Firdaus dan disambut pekikan 'Jadikan' dari pendukungnya.

Dikatakan Firdaus, makna nomor 3 sangatlah besar bagi pasangan yang mengusung tagline 'Jadikan' Riau Madani Berkemajuan dan Berkeadilan.

"Nomor 3 sudah saya gunakan sejak tahun 2012 dan memiliki makna revolusi mental, yang kita sebut dengan trilogi. Bangun akhlak, karakter dan menjadi yang berkualitas," ujarnya.

Ia menambahkan, pada Pilkada Riau 2018, dia menambahkan lagi makna disamping trilogi yakni Madani, Berkemajuan dan Berkeadilan.

"Kalau trilogi, akhlak, karakter, kualitas, dan visi Firdaus Rusli untuk tahun ini yakni Madani, Berkemajuan dan Berkeadilan," imbuhnya.

Firdaus mengucapkan kepada KPU Riau yang telah mensukseskan gelaran pengundian pencabutan nomor urut pasangan calon Pilkada Riau.

"Sekali lagi terimakasih kepada KPU yang telah melangsungkan rangkaian kegiatan mulai dari pendaftaran sampai proses penetapan nomor," pungkasnya.

4. Arsyadjualiandi Rachman-Suyatno
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno, resmi mendapatkan nomor urut 4 pada Pilkada Riau 2018. Angka ini ternyata punya banyak arti tersendiri bagi Andi Rachman. Karena angka ini mengingatkannya kepada Ustaz Abdul Somad.

Bagi Ketua Partai Golkar Riau yang akrab disapa Andi Rachman itu, nomor 4 mengandung dua nilai filosofi mendalam.

Nomor 4 bagi Andi Rachman sesuai dengan program yang dicanangkannya, yakni mengembangkan potensi pariwisata berbasis budaya, yang berpedoman dengan 4 aliran sungai besar di Provinsi Riau. 

"Kemarin saat tabligh akbar sosialisasi Pilkada damai dengan Ustaz Abdul Somad juga berpedoman dengan empat aliran sungai besar di Riau," ungkap Andi Rachman usai pencabutan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil Riau, Selasa (13/2/2018) di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Angka 4 menurut Andi Rachman juga mencerminkan pemerataan pembangunan di Provinsi Riau, yang seluruhnya dialiri oleh 4 aliran sungai. 

"Angka 4 ini juga angka yang full. Dari 4 pasangan calon, angka paling besar angka 4. InsyaAllah nantinya bisa menjadi dapat angka pemilih terbanyak. Jadi itu maknanya. Kita bersyukur Alhamdulillah dengan mendapat nomor urut 4," ungkapnya lagi. 

Tak hanya itu, lanjut Andi Rachman, angka 4 juga merupakan angka partai koalisi pengusung dan pendukung maju sebagai calon gubernur Riau. Empat partai itu yakni Golkar, PDIP, Hanura dan PKPI. 

"Angka 4 juga bisa dipakai jadi 4YO. Angka 4 itu bisa menjelma menjadi huruf A. Memang kita ada Mimpi-mimpi untuk angka 4 itu. Karena saya menganalisa Ustaz Abdul Somad menyebut 4 sungai besar yang selalu saya sampaikan di mana-mana. Ini suatu berkah, Insya Allah," tukasnya.

(ckp/rdk)
Tags KPUPilgubriPilkada
Komentar