• Home
  • Siak
  • AHY Didampingi Bupati Siak Ziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim II

AHY Didampingi Bupati Siak Ziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim II

Arif Rahman Senin, 06 November 2017 20:51 WIB
SIAK - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memulai agendanya di Kabupaten Siak dengan mengunjungi atau berziarah ke makam Sultan Syarif Kasim II dan keluarganya usai dijamu makan siang di kediaman Bupati Syamsuar.

Agus Yudhoyono yang memakai baju, tanjak (ikat kepala Melayu) dan songket bewarna hitam tersebut tampak begitu khusyuk saat ia berziarah dan berdoa di makam pahlawan Sultan Syarif Kasim II itu.

Seusai berziarah dari makam pahlawan Nasional tersebut ia beserta rombongan dibawa Bupati Siak untuk menebarkan secara simbolis benih patin ke tepian Sungai Jantan (Sungai Siak).

Untuk total benih patin yang ditebarkan itu sendiri jumlahnya mencapai 20 ribu bibit patin, dengan tujuan meningkatkan produksi ikan tangkap serta peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Siak.

Rombongan AHY yang begitu ramai ditambah lagi masyarakat yang antusias ikut menyaksikan kegiatan Agus Yudhoyono di Kabupaten Siak ini membuat tepian sungai jantan tampak padat. 

Namun tidak semuanya bisa mengikuti langkah Syamsuar dan putra sulung mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono(SBY) itu. Lantaran ponton sebagai tempat menabur ikan kapasitasnya tidaklah besar.

AHY yang berkunjung ke Riau selama dua hari tersebut, sejak Sabtu (4/11) memulai agendanya di Kota Pekanbaru terlebih dahulu hingga Minggu pagi, usai melaksanakan hari bebas kendaraan (Car Free Day) di ibukota Provinsi Riau itu, ia dan rombongan bertolak ke Kabupaten Siak.

Setelah AHY menaburkan benih ikan patin ke Sungai Siak di tepian sungai jantan, Agus yang slalu didampingi Bupati Siak Syamsuar itu melanjutkan perjalanan ke Istana Asserayah Hasyimiah (yang lebih dikenal dengan nama Istana Siak).

Ia tampak sangat gagah dengan tanjak, songket dan baju serba warna hitam itu.

Setelah mengisi buku tamu, sambil melihat peninggalan-peninggalan yang ada di dalam Istana Siak, ia juga bertanya pada pemandu untuk dijelaskan sejarah serta maknanya. Bahkan ia juga menanyakan sebuah batu yang diatasnya ada tandatangan ayahnya presiden ke-enam Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007.

"10 Tahun lalu Pak SBY yang menanda tangani pemugaran Istana Siak ini," kata Syamsuar menjelaskan pada AHY.

Pada kesempatan itu, Bupati Siak juga menyerahkan lukisan Sultan Syarif Kasim II. Dimana SSK II merupakan Sultan terakhir Kesultanan Siak Sri Indrapura. Syamsuar juga memberikan miniatur jembatan Sultanah Latifah sebagai buah tangan (oleh-oleh).

Agus Yudhoyono memuji ketampanan SSK II. "Waw. Ganteng banget Raja Siak. Terima kasih banyak," kata AHY usai menerima buah tangan dari Syamsuar.
   
Kedatangan Agus ke Istana Siak mencuri perhatian masyarakat setempat. Mereka (masyarakat) tidak mau membuang kesempatan bertemu langsung anak sulung SBY ini, begitu banyak diantara warga yang berebutan bisa berfoto dengan pria tampan ini. Bahkan ada juga yang mengajak wefie.

Usai berkeliling di Istana Siak, AHY melanjutkan agendanya dengan menanam pohon mentega di halaman Istana Siak, sebelum ia bertatap muka untuk bersilaturahim bersama masyarakat Kabupaten Siak. 

Sumber: antarariau.com

Tags Agus Harimurti YudhoyonoBupati SiakIstana SiakPemkab Siak
Komentar