• Home
  • Siak
  • Bupati Siak Syamsuar Resmikan Pasar Rakyat Tualang

Bupati Siak Syamsuar Resmikan Pasar Rakyat Tualang

Arif Rahim Kamis, 08 Februari 2018 22:15 WIB
SIAK - Pasar rakyat berperan dalam menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat dan komoditi lainnya melalui mekanisme transaksi jual beli tradisional. 

Yaitu proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli. Hal ini tentu sangat berbeda dengan pasar modern di mana harga-harga produk sudah tercantum dengan jelas.

Terkait hal tersebut, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi berharap keberadaan Pasar Rakyat Tualang di Kecamatan Tualang, dapat memberikan pengaruh bagi upaya peningkatan pendapatan para pedagang kecil, penyerapan tenaga kerja melalui aktivitas pasar, serta tersedianya tempat pemasaran berbagai produk hasil pertanian, perkebunan, perikanan serta industri kecil yang dihasilkan oleh masyarakat Kecamatan Tualang maupun sekitarnya.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi saat meresmikan Pasar Rakyat Tualang di Jalan Raya Km 8 Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Rabu (7/2).

Turun hadir dalam kesempatan tersebut Asisten I Setdakab Siak Budi Yuwono, Wakapolres Siak Kompol Abdullah Hariri, kepala OPD lingkup Pemkab Siak, sejumlah anggota DPRD, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Siak H Wan Ibrahim, Upika Tualang dan undangan lainnya.

Pasar Rakyar Tualang yang diresmikan, selain memiliki los sebanyak 198 unit dan kios sebanyak 35, juga memiliki fasilitas pendukung untuk mewujudkan rasa nyaman bagi pengunjung. Di antaranya ketersediaan ruangan untuk menyusui bagi ibu-ibu yang mempunyai balita. Tempat untuk mesin anjungan tunai mandiri.

‘’Ada pojok ASI tersebut merupakan wujud dari komitmen kita sebagai Kabupaten Layak Anak. Sementara ruang untuk ATM juga ada guna membantu kelancaran transaksi jual beli,” kata bupati.

Lebih lanjut bupati menyampaikan, maju mundurnya pasar rakyat Kecamatan Tualang nantinya, tentunya akan sangat tergantung pada tata kelola pasar.

Oleh karena itu, bupati berharap pengelola pasar Kecamatan Tualang dapat menerapkan manajemen pengelolaan pasar yang baik dan transparan. Sesuai peruntukannya, pasar rakyat harus terfokus pada peningkatan mutu layanan dan kualitas barang yang diperdagangkan.

Termasuk ukuran takaran timbangan dan perlengkapan yang telah memenuhi standar, sehingga konsumen memperoleh harga dengan ukuran dan takaran yang sesuai.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Siak Wan Ibrahim menyebutkan, pembangunan Pasar Rakyat Tualang ini menggunakan dana dari ABPN sebesar Rp5 miliar lebih.

Dia mengatakan, tujuan dibangunnya pasar untuk mendorong arus barang, menjaga kebutuhan pokok, stabilitas harga, meningkatkan usaha kerja dan distribusi pasar. ‘’Pasar Tualang ini tidak ada kendala lagi, termasuk persoalan pembuangan limbah juga telah selesai,” ungkapnya.

(rpc/arf)

Tags Bupati SiakPemkab Siak
Komentar