• Home
  • Siak
  • Disperindag Siak Temukan Ikan Makarel Mengandung Cacing Parasit

Disperindag Siak Temukan Ikan Makarel Mengandung Cacing Parasit

Hadi Pramono Kamis, 29 Maret 2018 19:34 WIB
SIAK - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Siak juga menemukan cacing di dalam kemasan ikan sarden mackarel bermerk Farmerjack di wilayah Kabupaten Siak. 

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk membuktikan secara langsung berita yang saat ini marak beredar di masyarakat mengenai penemuan cacing yang terdapat di beberapa merk ikan sarden. 

"Setelah beredarnya informasi bahwa beberapa merek sarden yang dirilis BPOM mengandung cacing, kami langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Siak, Hendra. 

Tim nya juga sudah mengambil empat buah sampel sarden bermerk Farmerjack untuk membuktikan hal tersebut, dan keempat sarden tersebut terbukti mengandung cacing. 

Lanjutnya, pihaknya juga sudah melakukan penarikan terhadap sarden dengan merk tersebut kepada para distributor. 

"Sarden-sarden merek tersebut sudah langsung ditarik dari beberapa distributor di Siak. Namun tim Disperindag Siak mengalami kesulitan menjangkau hingga kampung-kampung. Sebab yang banyak menjual sarden merek-merek yang mengandung parasit itu berada di warung-warung kecil,"sebutnya. 

Ia menyebutkan jika Disperindag juga sudah menyurati camat-camat untuk menyebarluaskan surat edaran dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Pekanbaru kepada masyarakat, untuk tidak lagi mengkonsumsi ikan sarden merek yang dirilis.

(rdk/hlc)
Tags Cacing ParasitIkan MakarelIkan SardenPemkab Siak
Komentar