• Home
  • Siak
  • Pemkab Pati Kunker Soal Paten dan Smart City di Siak

Pemkab Pati Kunker Soal Paten dan Smart City di Siak

Arif Rahim Selasa, 27 Maret 2018 09:53 WIB
SIAK - Pemerintah Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Siak. Rombongan disambut Asisten Admintrasi Umum Pemkab Siak H Jamaluddin di Ruang Rapat Sri Indrapura Kantor Bupati Siak, Senin (26/03/18).

Kedatangan rombongan Pemkab Pati ke Negeri Istana ini untuk belajar terkait Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) dan pelaksanaan Smart City di Kabupaten Siak. Rombongan yang berjumlah 35 orang itu di ketuai oleh Wakil DPRD Pemkab Pati Joni Kurnianto.

Jamaluddin mengatakan untuk mewujudkan pelayanan publik terbaik maka dilakukan standar pelayanan minimal (SPM) bidang pelayanan dasar dan perizinan, serta secara bertahap meningkatkan mutu dan standar pelayanan.

Untuk pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) kami telah memulai sejak tahun 2011 lalu. Dimana terdapat 72 peruzinan yang di limpahankan kewenangan kepada kecamatan. Yang tentunya ini sudah menjadi pelayanan terbaik, sehingga menjadi rujukan kabupaten/kota lain se-Nusantara.

"Alhamdulillah pelaksanan Paten di siak berjalan baik, terbukti kami sudah puluhan pemkab/kota dan provinsi di Indonesia datang dan belajar ke Siak.  Ini berkat komitmen bupati Syamsuar dalam penerapan SPM di Kabupaten Siak, paten ini kita laksanakan sejak tahun 2011 lalu, dimana camat di berikan kewenangan untuk mengluarkan izin, terutama pelayanan  admintrasi, tidak payah lagi hal yang kecil di urus oleh Bupati," sambut Jamal.

Di katakan jamal lagi, Kabupaten Siak sebagai daerah baru, tentu mengharapkan investasi dari pihak asing, agar daerah ini berkembang serta tercipta lapangan pekerjaan, salah satunya yang diharapkan investor adalah pelayanan yang cepat, tidak memakan waktu lama serta  tidak terkena calo. "Untuk mewujdkan hal tersebut kita juga sudah memiliki dinas yang melayanani secara terpadu satu atap," tuturnya.

"Demi memaksimalkan lagi perizinan di Kabupaten Siak, sesuai dengan SOTK baru kita membentu dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP. Dinas ini sudah melayani perizinan secara on line, dengan waktu yang singat perizinan sudah selesai,  terang jamal," jelasnya lagi.

Sementara itu Ketua Rombongan Wakil DPRD Pemkab Pati Joni Kurnianto mengatakan, Sangat terkesan atas apa yang disampaikan oleh Asisten III sebagai daerah baru, sudah mampu menerapkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Tambah Joni lagi, kehadirannya di siak ingin melihat pelaksanaan Paten, Amat Cit serta perizinan tower dikabupaten siak. "Kita mendapatkan info siak ini pelaksanaan patennya sudah baik, juga program smart city nya, karma itu kami ingin belajar dan meminta penjelasan dari pak Asisten," jelas joki.

Rombongan yang berjumlah 35 orang itu 17 orang dari Komisi C DPRD Kabupaten Pati,  sedangkan 16 orang lainnya berasal dari Pemkab Pati yang di dalam nya terdapat 7 kepala dinas di lingkungan Pekan Pati. Diantaranya Kadis Infokom, Kepala Bapeda, Kepala BKD, serta Dinas DPMP2T.

(rls/hms)
Tags Pemkab PatiPemkab SiakSmart City
Komentar