• Home
  • Sosial
  • DKPP Dumai Bentuk Tim Medis Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

DKPP Dumai Bentuk Tim Medis Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

Hallo Riau Jumat, 02 Agustus 2019 16:20 WIB
DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai telah membentuk tim medis kesehatan kewan kurban Idul Adha 2019.

Tim akan bertugas langsung ke lapangan memeriksa kesehatan hewan kurban yang diperjualbelikan kepada masyarakat untuk kebutuhan Idul Adha.

“Tim medis pemeriksaan kesehatan hewan kurban sudah kita bentuk. Tim terdiri dari 7 dokter hewan dibantu 30 orang tenaga teknis,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai Hadiyono akhir pekan kemarin.

Seminggu jelang lebaran Idul Adha tim akan diturunkan ke lapangan untuk memeriksa hewan kurban seperti sapi, kambing, dan kerbau.

Mereka akan terjun langsung ke lapangan memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual ke masyarakat untuk kebutuhan Idul Adha. 

Tujuannya, kata Hadiyomo, untuk menghindari berbagai penyakit yang dapat ditularkan hewan kurban ke manusia atau yang disebut dengan zoonosis.

Lanjutnya, tim akan memeriksa seluruh hewan kurban seperti sapi, kerbau dan kambing mulai di pintu masuk sampai di tempat penampungan hewan kurban yang ada di Dumai.

“Hewan kurban seperti sapi, kerbau dan kambing sebagian besar dipasok dari luar Dumai seperti dari Sumbar, Lampung dan Jawa, meski daerah asal sudah menjamin kesehatan hewan tersebut, namun kita akan tetap melakukan pemeriksaan ulang secara intensif guna menghindari penyakit yang dapat ditularkan ke manusia," harapnya.

Masih kata Hadiyono, pemeriksaan akan melibatkan Dokter Hewan dibantu tenaga teknis yang sudah berpengalaman untuk menjamin kesehatan hewan kurban sehingga layak dikurbankan dan layak untuk dikonsumsi. 

Terakhir Hadiyono mengimbau kepada seluruh penjual hewan kurban untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi kesehatan hewan sebelum dijual kepada masyarakat. 

“Kami mengimbau kepada seluruh penjual hewan kurban untuk terlebih dahulu memeriksakan kondisi kesehatan hewan kurban sebelum dijual kepada masyarakat,” himbaunya.

Dan hewan kurban yang lulus tes kesehatan akan diberi label sehat dan mendapatkan SK Kesehatan Hewan Kurban dari Dinas terkait.

“Hewan kurban yang lulus tes kesehatan akan diberi label sehat dan mendapatkan SK Kesehatan Hewan Kurban,” pungkasnya. 
Tags Hewan KurbanIdul AdhaPemko Dumai
Komentar