• Home
  • Sosial
  • Masih Terdapat 2.431 Rumah Tak Layak Huni di Dumai

Masih Terdapat 2.431 Rumah Tak Layak Huni di Dumai

Hadi Pramono Jumat, 05 Januari 2018 13:15 WIB
DUMAI - Saat ini masih ada ribuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Kota Dumai. Pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Dumai mencatat jumlah RTLH kini mencapai 2431 unit. Rumah tersebut menyebar di tujuh kecamatan yang ada.

Banyak dari RTLH malah berada di wilayah kota. "Kebanyakan ada di wilayah perkotaan. Satu persatu pemerintah berupaya membangun dan merenovasi rumah tersebut dalan program perumahan rakyat di Dumai," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Dumai, Zulkarnain dikutip dari Tribun Pekanbaru, Kamis (4/1/18).

Masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang penghasilannya di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) bisa mengusulkan untuk renovasi. Mereka juga bisa membangun rumah baru dengan syarat memilik lahan sendiri.

Pemerintah pada tahun 2018 menargetkan bakal membangun 562 unit Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) dan Rumah Sederhana Sehat Layak Huni (RSLH) di Kota Dumai. Pemerintah menggelontorkan anggaran sekitar Rp 12 Miliar untuk dukung program perumahan rakyat di Kota Dumai.

Kebanyakan untuk membangun rumah rakyat pada kegiatan bantuan stimulan perumahan swadaya. Pemerintah berencana membangun 280 unit rumah di Dumai dengan APBN. 
165 unit Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) dengan dukungan APBD Provinsi Riau.

Pemerintah Kota Dumai hanya bisa membangun 20 unit rumah dengan dana dari APBD Kota Dumai. 97 unit Pembangunan Baru Rumah Swadaya dan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya. Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

(zik/zik)
Tags Pemko DumaiRLH
Komentar