• Home
  • Sosial
  • Menyoal Dana Bantuan, Seluruh RT Harus Bertanggungjawab di Dumai

Menyoal Dana Bantuan, Seluruh RT Harus Bertanggungjawab di Dumai

Hadi Pramono Rabu, 06 Mei 2020 21:35 WIB
DUMAI - Dalam pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 Pemerintah Kota Dumai telah memberikan dukungan biaya operasional pembentukan Posko Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat RT se-Kota Dumai sesuai Perwako Nomor 27 tahun 2020.

Masing-masing RT se-Kota Dumai yang totalnya sebanyak 524 RT mendapat kucuran dana sebesar Rp. 2.500.000 melalui sistem non tunai (transfer). Kalau diakumulasikan, bantuan Pemko Dumai kesemua RT se-Kota Dumai tersebut berjumlah Rp. 1.310.000.000.

Disinggung oleh awak media terkait tepat apa tidaknya bantuan dana operasional RT melihat dilapangan masih banyak pokso dan portal tanpa ada yang jaga, Sekretaris Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai, Afrilagan jika memang ditemukan seperti itu kloter selanjutnya tidak akan diberikan bantuan.

"Tidak dapat dipungkiri masih ada yang kurang. Tapi bantuan itu juga ada pertanggungjawabannya. Masing-masing RT penerima dana juga menandatangani penerimaan dana tersebut dengan materai sebagai bukti pertanggungjawabannya. Untuk pengawasan sendiri dilakukan oleh Kelurahan," katanya kepada media ini, Rabu (6/5/20). 

Afrilagan juga menerangkan ada kelurahan yang tidak memberikan bantuan kepada RT. Sebab RT tersebut tidak membuat portal atau Posko Percepatan Penanganan Covid-19, tapi setelah menerima informasi adanya dana bantuan dari pemerintah, RT tersebut langsung membuat posko dan portal dilingkungannya.

"Kalau tak salah saya ada 1 kelurahan tidak mau menyalurkan bantuan itu, karena RTnya tidak membuat posko. Tapi setelah adanya informasi akan ada bantuan mereka langsung membuat posko dan portal jaga. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini penanganan covid-19 berjalan maksimal," katanya di depan Posko Covid-19.

Diterangkan pria yang bekerja sebagai Kepala BPBD Kota Dumai berharap kepada seluruh RT agar dapat menggunakan dana tersebut sebagimana mestinya. Dan diharapkan dengan bantuan ini RT bersama warga lebih aktif melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang keluar masuk wilayah RT masing-masing. 

"Sudah jelas tugas RT dalam pendirian posko, yaitu mendata warga yang baru datang dari luar kota/luar negeri menggunakan form yang disediakan dan melaporkan secara berjenjang. Disamping itu, RT juga membantu menyalurkan/mendistribusikan bantuan kepada keluarga yang melakukan isolasi mandiri," jelasnya. 

Kemudian pihak RT juga memantau masyarakat agar menjaga jarak, tidak kontak fisik dan berkerumunan. Menghimbau warga masyarakat agar tetap di rumah. Menghimbau masyarakat agar menggunakan masker bila keluar rumah/bepergian. Serta membatasi jam kunjungan/jam bertamu ke rumah warga sampai dengan jam 21.00 WIB.

"Hendaknya bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan kepada Camat serta Lurah agar melakukan pembinaan dan pengawasan agar bantuan dapat digunakan secara maksimal dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi untuk perbaikan dalam pelaksanaan tugas-tugas RT setiap bulan sebagai keberlanjutan bantuan ini," pungkasnya.
Tags APBD DumaiDana OperasionalPemko DumaiVirus CoronaVirus Covid-19Virus Covid 19Virus Covid-19Virus Covid 19
Komentar