• Home
  • Dumai
  • Sekdako Dumai Nilai Positif Rencana Seleksi Penerimaan CPNS 2018

Sekdako Dumai Nilai Positif Rencana Seleksi Penerimaan CPNS 2018

Hadi Pramono Minggu, 22 Juli 2018 14:11 WIB
DUMAI - Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir menilai positif rencana Kementerian PAN RB melakukan seleksi ketat dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil agar berkualitas.

"Melalui terobosan akan dijalankan kementrian ini diharap bisa menciptakan aparatur sipil negara memahami teknologi dalam menghadapi perubahan," kata Sekda Nasir pada pers.

Menurutnya, penerimaan calon pegawai negeri sipil saat ini memang harus sesuai dengan kebutuhan dan keahlian serta mengerti dengan teknologi agar tidak ketinggalan perkembangan zaman.

Sehingga, setelah menjadi ASN, mereka tidak lagi sibuk membekali diri dengan penguasaan teknologi dan akhirnya siap bersaing dengan terus bekerja optimal.

"Hal ini agar nantinya setiap aparatur sipil pemerintah bisa menjalankan fungsi dengan baik," sebutnya.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi kepegawaian tahun 2018, Rabu (11/7), Menteri PAN RB Asman Abnur meminta badan kepegawaian negara agar menyeleksi dengan baik calon ASN.

"Bagaimana merencanakan pegawai paham dengan potensi daerah sehingga dapat merencanakan pegawai yang tepat sesuai dengan beban kerja," katanya.

Dikatakan, saat ini terjadi perubahan dengan sangat cepat, dan jika tidak diantisipasi maka peran kita akan diambil oleh mesin atau robot, sehingga diharap pegawai jangan jadi petugas administratif, melainkan orang yang bisa merencanakan human capital negara, sehingga mengarah pada kompetensi yang benar.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyebut, rakornas kepegawaian untuk mendukung revolusi industri 4.0 dan pemanfaatan teknologi digital bagi sumber daya pemerintah.

Selain itu, untuk membangun komitmen instansi pemerintah pusat dan daerah dalam mempersiapkan talenta ASN dalam tuntutan perubahan, dan berkelas dunia yang menguasai teknologi.

"Dalam rencana pembukaan lowongan CPNS tahun ini, tes seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang akan berbasis komputer dan terintegrasi," ujarnya.

(rdk/mcr)
Tags CPNSLowongan KerjaPemko DumaiSekda Dumai
Komentar