• Home
  • Dumai
  • Walikota Zulkifli Ajak Karyawan Swasta di Dumai Salurkan Zakat

Walikota Zulkifli Ajak Karyawan Swasta di Dumai Salurkan Zakat

Hadi Pramono Jumat, 04 Mei 2018 14:54 WIB
DUMAI - Wali Kota Dumai Zulkifli As mendorong karyawan muslim di instansi dan perusahaan swasta agar menyalurkan zakat melalui lembaga resmi badan amil zakat atau unit di lingkungan kerja masing masing.

Agar potensi zakat maksimal, Pemerintah Dumai bersama BAZ sudah mengundang seluruh instansi dan perusahaan beroperasi di kawasan Pelindo I untuk sosialisasi tentang zakat tersebut, untuk menjalankan UU 23 tahun 2011.

"Potensi zakat ini perlu dikejar hingga terlaksana dengan baik dan maksimal agar realisasi tiap tahun meningkat, dan langkah ini diharap dapat menambah jumlah partisipasi karyawan muslim di lingkungan perusahaan," kata wali kota pada wartawan.

Dijelaskan, sebelum menerapkan di perusahaan, Wako Zulkifli As memastikan penerapan zakat sudah berjalan di lingkungan pemerintah daerah, dan hampir seratus persen seluruh pegawai muslim menyalurkan zakat lewat BAZ.

Dorongan ini, lanjutnya, mengingat zakat sudah didistribusikan sesuai dengan delapan asnab yang berhak menerima zakat, baik untuk konsumtif dan produktif. 

Sementara, Pengurus BAZ Dumai Rasyid Ridho menyebut, sesuai instruksi presiden bagi karyawan perusahaan zakatnya harus diserahkan ke daerah bukan ke pusat.

Disebutkan, potensi zakat di Dumai diprediksi mencapai Rp10 miliar per bulan, atau Rp120 miliar tiap tahun, namun kenyataannya realisasi masih dibawah Rp4 miliar.

"Diharapkan keikutsertaan karyawan dan instansi di pelabuhan dalam berzakat, sebagai kewajiban bagi kaum muslimin," kata Rasyid. (Infotorial/Humas)
Tags Pemko DumaiWalikota-DumaiWalikota DumaiZakat
Komentar