• Home
  • Ekbis
  • Dinas Perdagangan Dumai Bakal Alihkan Pemilik Kios Jika Tak Daftar

Dinas Perdagangan Dumai Bakal Alihkan Pemilik Kios Jika Tak Daftar

Hadi Pramono Rabu, 31 Januari 2018 15:29 WIB
Seorang pedagang di Pasar Kelakap Tujuh tampak tertidur lantaran tidak ada pembeli, Selasa (16/1/2018). Dua hari beroperasi lagi pasar ini masih sepi pembeli. Tribun Pekanbaru
DUMAI - Pihak Dinas Perdagangan Kota Dumai memperingatkan para pedagang yang memiliki lapak, kios dan los di Pasar Klakap Tujuh untuk segera mendaftar. Mereka memberi waktu hingga 4 Februari 2018 mendatang. 

Pihak dinas mengaku bakal mengalihkan kepemilikan kios, lapak dan los bagi yang belum kunjung mendaftar. Pihak Dinas Perdagangan Kota Dumai, mencatat ada 535 lapak, kios dan los di Pasar Klakap Tujuh. 

403 di antaranya bisa diisi pedagang eks Pasar Dock Yard. Mereka yang mendaftar baru 234 pedagang. Mereka yang berjualan baru 192 pedagang. Jumlahnya terus berkurang hingga pekan kemarin. 

Mereka yang berjualan hanya 162 pedagang. Pedagang baru yang mendaftar untuk memperoleh lapak di sebanyak 122. Mereka yang berjualan baru 50 pedagang. Total yang mengisi Pasar Klakap Tujuh hanya 212 pedagang.

Secara keseluruhan ada 323 pedagang belum mengisi lapak sejak Pasar Klakap Tujuh beroperasi lagi pada 15 Januari 2018 lalu.

"Bagi yang belum mendaftar kami alihkan saja nanti. Kami tak mungkin menanti lama, sebab banyak pedagang baru yang ingin jualan di sana," terang Kepala Dinas Perdagangan Dumai, Zulkarnaen, dikutip dari Tribun Pekanbaru, Selasa (30/1/2018).

Menurutnya, pihak dinas sudah menyebar pemberitahuan kepada para pedagang. Mereka juga memasang pemberitahuan di tiap kios, lapak dan los. 

Mereka menegaskan dalam pemberitahuan agar pedagang yang sudah dapat nomor undian sejak 2014 lalu bisa segera mendaftar. "Kalau sampai waktu yang kami tentukan tifak mendaftar, namanya bakal kita hapus. Undiannya pun batal," tegas Zulkarnaen.

Zulkarnaen mengaku sejumlah pedagang sempat berniat hengkang dari Pasar Klakap Tujuh. Mereka hengkang lantaran kondisi pasar yang masih sepi sejak beroperasi lagi sejak dua pekan lalu. 

Ia juga meminta para pedagang tetap bertahan di Pasar Klakap Tujuh. "Kami percaya kondisi bisa berangsur normal," katanya.

Belasan pedagang sempat berjualan lagi di tepi Jalan MH Thamrin, Senin kemarin. Tim Satpol PP Dumai menegur para pedagang. Mereka mengimbau pedagang segera kembali ke Pasar Klakap Tujuh.

Para pedagang pun tidak ada lagi yang berjualan di tepi jalan tersebut. "Kami sudah patroli. Para pedagang sudah kembali ke pasar," papar Kepala Satpol PP Dumai, Bambang Wardoyo terpisah. 

(zik/zik)
Tags Gusur PedagangPedagangPemko DumaiRelokasi Pedagang
Komentar