• Home
  • Ekbis
  • Disperindag Dumai Imbau Masyarakat Waspada Produk Kadaluarsa

Disperindag Dumai Imbau Masyarakat Waspada Produk Kadaluarsa

Hadi Pramono Kamis, 26 April 2018 15:57 WIB
DUMAI - Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai Zulkarnaen mengimbau masyarakat untuk teliti dan waspadai barang atau produk kadaluarsa yang beredar di pasaran jelang datang bulan suci Ramadhan 1439 H.
 
Untuk mengantisipasi peredaran barang kadaluarsa di pasaran, Disperdag bersama Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru akan menggelar inspeksi mendadak ke lapangan.
 
"Antisipasi peredaran produk kadaluarsa jelang ramadan ini akan dilakukan dengan pengawasan bersama bpom," kata Zulkarnaen pada pers baru ini.
 
Disebutkan, langkah pengawasan oleh tim akan menyasar ke sejumlah gerai modern yang menjajakan aneka produk makanan kemasan dan melibatkan penyidik PNS jika ditemukan produk kadaluarsa.
 
Petugas tidak akan segan untuk menindak tegas oknum pengusaha bandel yang tetap jual makanan kemasan kadaluarsa, dan mengimbau agar masyarakat selektif dan jeli dalam memilih makanan kemasan."Warga harus teliti melihat jadwal produksi dan kadaluarsa produk dibeli," sebutnya.
 
Pada akhir Maret 2018, BPOM Pekanbaru dan tim terpadu satuan tugas pangan TNI Polri di Kota Dumai menemukan banyak produk makanan ringan sudah kadaluarsa di sejumlah swalayan dan minimarket.
 
Sidak BPOM ini juga karena Dumai satu dari tiga daerah di Riau jadi sampel pertumbuhan ekonomi dan persediaan bahan pangan, bersama Kota Pekanbaru dan Tembilahan Kabupaten Inhil.
 
''Pengecekan kali ini adalah tahap awal, dan jelang masuk bulan puasa nanti kembali akan dilakukan sidak sama untuk memastikan produk pangan aman dikonsumsi masyarakat," ujar Zulkarnaen saat itu.

(rdk/mcr)
Tags Pemko Dumai
Komentar