• Home
  • Ekbis
  • Pemkab Siak Minta Pedagang Pasar Raya Belatik Tetap Jaga Kebersihan

Pemkab Siak Minta Pedagang Pasar Raya Belatik Tetap Jaga Kebersihan

Arif Rahim Rabu, 07 Maret 2018 17:37 WIB
Pedagang bumbu makanan di blok C Pasar Raya Belantik, Siak termenung menunggu di depan kiosnya sembari menunggu pelanggan tiba. Tribun Pekanbaru.
SIAK - Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagprin) kabupaten Siak, Sahruddin Siregar mengakui kondisi atap dan platfon Pasar Raya Belantik, Siak sudah banyak yang rusak.

Sebab, pasar itu dibangun pada 2006 silam dan baru diresmikan pada 2012 lalu. Dari pembangunan hingga peresmian terjeda waktu selama 6 tahun. Sehingga pada 2018 sudah banyak atap yang bocor dan platfon yang lepas dianggap sangat wajar.

"Meskipun kondisi pasar sangat sepi, tetapi kebersihannya sangat terjamin. Dalam 1 hari kerja dilakukan pembersihan sebanyak 2 kali, yakni pagi dan sore hari," kata dia kepada Tribun Pekanbaru, Selasa (6/3/2018).

Bau amis yang beritakan sehari sebelumnya, kata Sahruddin karena diduga rembetan air hujan ke dalam kios kosong. Sehinga ketika dibersihkan tidak terjangkau oleh peralatan kebersihan pasar.

"Itu bukan karena tidak bersih, tetapi mungkin karena rembesan hujan saja. Jadi, sehari-hari pasar itu bukanlah menyeruakka aroma tidak sedap. Bahkan tahun lalu pasar ini menjadi pasar terbersih di Indonesia," kata dia.

Tidak hanya itu, ada sekitar 56 petugas setiap hari di pasar. Petugas berada di masing-masing block, pengaman dan kebersihan.

"Kalau jalan, kondisi atap dan platfon benar begitu adanya. Sedangkan pasar itu sepi sekarang juga sangat benar. Karena banyak pasar mingguan di luar," kata dia.

Terkait penertiban pasar liar, pihaknya mengaku tidak mempunyai kewenangan. Namun, dia berencana bakal membahas hal tersebut bersama atasan dan diusulkan menggelar rapat bersama dengan Satpol PP.

"Kita juga ingin pasar kita itu ramai, sehingga pedagang di dalam tidak stres. Kalau ramai tentu banyak pelanggannya," kata dia.

(arf/rdk)

Tags Pemkab Siak
Komentar