• Home
  • Hukrim
  • Batal Naik Haji, Sekda Dumai Dicekal KPK?

Batal Naik Haji, Sekda Dumai Dicekal KPK?

Hadi Pramono Senin, 07 Agustus 2017 17:36 WIB
Sekda Kota Dumai Muhammad Nasir berjalan meninggalkan Pelabuhan Dumai menuju Embarkasi Haji Batam, Kepulauan Riau bersama rombongan jemaah calon haji lainnya.
DUMAI - Niat hati ingin menjalankan ibadah haji Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Muuhammad Nasir kandas di Embarkasi Batam, Kepulauan Riau, Jumat (4/8/17) lantaran di cekal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Informasi yang berhasil dikumpulkan, Senin (7/8/17) menyebutkan, pencekalan Sekda Kota Dumai Muhammad Nasir oleh komisi anti rasuah itu terkait skandal dugaan tindak pidana korupsi saat menjabat sebagai Kepala Dinas PU Bengkalis.

Proses pencekalan sendiri selama 6 bulan. Hal tersebut dilakukan karena mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis ini masih mengikuti proses penyidikan terkait pekerjaan proyek multi years (MY) di Pemkab Bengkalis.

Sedangkan Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Dumai, Syafwan, ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa ada dua orang jemaah calon haji batal berangkat lantaran di cekal oleh KPK sebagaimana laporan dari pihak Imigrasi. 

"Kita tidak mengetahui proses hukum yang melibatkan beliau, yang jelas tindak lanjut dari pemeriksaan penegak hukum tersebut beliau tidak bisa berangkat," jelasnya dan enggan menyebutkan nama dua orang jemaah calon haji tersebut.

Guna memperimbang informasi ini Plt Kabag Humas Pemko Dumai, Riski Kurniawan belum berhasil dikonfirmasi meski nada sambung telpon selullernya masuk. Mencuat kabar, ada dugaan sengaja untuk mengendapkan informasi ini ke publik. 

Sebagai data pendukung, sebanyak 210 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Dumai diberangkatkan menuju Embarkasi Batam, Jumat (4/8/17) dari Terminal Penumpang Pelabuhan Pelindo Dumai. 

Awalnya ada 212 JCH yang hendak berangkat, tapi dua orang sakit. Sehingga tidak bisa menjalankan ibadah haji di Mekah tahun ini. Mereka diberangkatkan dengan Kapal Dumai Line 5, yang disewa Pemerintah Kota Dumai. 

Prosesi pengantaran secara langsung dilakukan Walikota Dumai Zulkifli AS bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Dumai.

Pantauan dilapangan, keluarga JCH hanya bisa mengantar hingga Gerbang Pelabuhan Pelindo Dumai. Hal ini guna mengantipasi penumpukan di Terminal Penumpang. Proses penjagaan dilakukan aparat dari Kepolisian Dumai dan TNI AL.

"Kita berharap para JCH bisa menjalankan ibadah Haji dengan baik. Apalagi para JCH sudah mempersiapkan diri menjelang keberangkatan," ulas Zulkifli AS saat melepas keberangkatan JCH.

Orang nomor satu di Kota Pelabuhan dan Industri ini berpesan kepada  para JCH bisa mendoakan masyarakat Dumai di Baitullah. "Doakan kami yang ditinggalkan ini dan semoga menjadi haji mabrur," kata Zulkifli AS. 

Ia juga berpesan kepada para JCH asal Dumai bisa menjaga kesehatannya. Sebab kondisi Mekah memasuki musim panas, apalagi ia percaya seluruh JCH berangkat dengan banyak persiapan. 

"Sehingga para JCH sudah siap dari segi fisik dan spiritual. Bagi dua orang yang belum bisa berangkat semoga lekas sembuh. Hal ini memperlihatkan bahwa para JCH yang berangkat adalah orang pilihan," jelasnya.

(adi/adi)
Tags KPKKorupsiSekda Dumai
Komentar