• Home
  • Hukrim
  • Dishub Dumai Tilang 11 Mobil Cangkang Sawit Lebihi Tonase

Dishub Dumai Tilang 11 Mobil Cangkang Sawit Lebihi Tonase

Hadi Pramono Rabu, 31 Januari 2018 15:19 WIB
DUMAI - Dinilai mengotori jalan dan mengganggu keindahan kota, Dinas Perhubungan Kota Dumai bersama Satlantas Polres Dumai berhasil menilang 11 mobil truk pengangkut cangkang sawit.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Asnar kepada wartawan, Rabu (31/1/18) mengatakan, razia penertiban kepada truk pembawa cangkang sawit ini bedasarkan laporan masyarakat.

"Kami menerima laporan keresahan masyarakat atas serakan cangkang sawit disepanjang Jalan Soekarno Hatta. Maka dari itu kami langsung kordinasi dengan polisi untuk melakukan razia," kata Asnar.

Menurutnya, sesuai aturan berlaku mobil bak terbuka pengangkut cangkang sawit tidak boleh membawa muatan melebihi batas. Sesuai aturannya, harus tersisa ruang 10 cm dari atas bak.
"Selain menilang para sopir, kita juga memberikan penjelasan tentang aturan membawa muatan cangkang sawit. Meski mereka sudah menutupnya dengan terpal, tapi kalau melebihi tidak dibenarkan," ujarnya.

Dilanjutkan calon Kadishub Dumai definitif ini, penertiban terhadap mobil pengangkut cangkang sawit yang membawa muatan melebihi batas. Sebab, cangkang sawit yang berserakan di jalan juga dapat menyebabkan korban lakalantas.

"Kami razia tidak ada batas waktu, kami menempatkan petugas dilapangan untuk memantau mobil truk pengangkut cangkang sawit. Terbukti melanggar langsung kita tilang saja," tegas Asnar.

Dia juga menghimbau kepada pengusaha transportir untuk mengikuti aturan berlaku dalam menjalankan usahannya. Dan sangat tidak dibenarkan kendaraan bak terbuka membawa muatan melebihi batas.

"Boleh kita berusaha, tapi ya ikuti aturan berlakunya. Jangan menghalalkan cara agar cepat untung, pikir juga efek bagi pengguna jalan lainnya seperti pengendara sepeda motor. Cangkang sawit itu licin," ucapnya.

Kata dia, cangkang sawit yang diangkut kendaraan ini untuk mencukupi kebutuhan pabrik yang berada di kawasan Pelindo I cabang Dumai dan juga ada ke perusahaan Wilmar Group. "Kata sopir cangkang itu untuk Pelindo dan Wilmar," ujarnya.

(zik/zik)
Tags Cangkang SawitDishub DumaiPolres Dumai
Komentar