• Home
  • Hukrim
  • Polda Riau Periksa 55 Saksi Dalam Kasus Dugaan Korupsi Bansos Bengkalis

Polda Riau Periksa 55 Saksi Dalam Kasus Dugaan Korupsi Bansos Bengkalis

Hadi Pramono Rabu, 11 Juli 2018 19:52 WIB
PEKANBARU - Kasus korupsi dana bansos Bebgkakis masih terus bergulir. Dimana kasus yang ditangani oleh Ditkrimsus Polda Riau dengan telah memeriksa sekitar 55 saksi. 

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Rabu (11/07/18) menjelaskan penyidik telah memeriksa dan memintai keterangan sekitar 55 saksi dalam kasus ini. "Kita sudah periksa 15 saksi dalam kasus ini. Sementara terdapat 40 orang yang memberikan pernyataan," katanya. 

Lanjutnya, untuk keterangan saksi ahli, pihaknya telah melakukan pemeriksaan sejak bulan Mei lalu. Sementara pemeriksaan ini masih terus berjalan hingga saat ini. 

Sementara itu, dalam kasus ini sudah terdapat sekitar tujuh orang terpidana. Yaitu mantan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, mantan ketua DPRD Bengkalis Heru Wahyudi, Jamal Abdillah, Purboyo, Rismayenis, Muhammad Tarmidzi dan Hidayat Tagor. 

Sedangkan terakhir ini Polda Riau telah menetapkan dua orang tersangka baru yakni SA dan YP. Meski begitu dua orang ini belum dilakukan penahanan. Sebab, penyidik menganggap dua tersangka masih koperatif. 

"Untuk barang buktinya sudah kita sita. Seperti dokumen berupa SK pengangkatan sebagai anggota DPRD, proposal pengajuan dana bansos melalui para tersangka dan, dokumen pencairan anggaran," tuturnya. 

Kasus ini berawal dari temuan alokasi APBN Bengkalis tahun 2012 lalu sebesar Rp277 milliar. Sesuai fakta di pengadilan, dalam dakwaaan jaksa dipaparkan ada sebanyak 4000 proposal dimana sebagian merupakan fiktif. Sementara itu, dari hasil audit BPK kerugian negara ditaksir mencapai Rp31 milliar.

(wil/rtc)
Tags Dana BansosKorupsiPemkab BengkalisPolda Riau
Komentar