• Home
  • Kesehatan
  • Diskes Dumai Rencanakan Pemberian Vaksin Rubella Sebagai Imunisasi Tambahan Anak

Diskes Dumai Rencanakan Pemberian Vaksin Rubella Sebagai Imunisasi Tambahan Anak

Hadi Pramono Selasa, 31 Juli 2018 17:53 WIB
DUMAI - Dinas Kesehatan Kota Dumai rencanakan pemberian vaksin campak Rubella sebagai imunisasi tambahan bagi anak sekolah usia dini hingga menengah pertama, dimulai awal Agustus 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Dumai Paisal mengatakan, kegiatan vaksin rubella ini direncanakan sepekan dan dinkes akan menurunkan semua petugas kesehatan untuk menyasar ke sekolah.

"Pemberian vaksin rubella ini merupakan program nasional dan petugas puskesmas akan mendatangi seluruh sekolah mulai 1 agustus nanti," kata Paisal kepada wartawan, Senin.

Petugas puskesmas tersebar di tujuh kecamatan Kota Dumai akan persuasif jika ada orangtua enggan anaknya disuntik, karena tidak ada pemaksaan.

Sejauh ini di Dumai, lanjutnya, juga belum ditemukan kasus campak rubella, namun tentu saja tidak diharapkan terjadi, sehingga untuk antisipasi dilakukan pemberian vaksin.

"Vaksin campak rubella ini untuk memutuskan penularan virus campak dan rubella, dan diharapkan kerja sama semua pihak, pemerintah, swasta dan masyarakat," sebutnya.

Rubela atau campak jerman adalah penyakit menular disebabkan virus rubella biasanya menginfeksi tubuh melalui pernapasan seperti hidung dan tenggorokan dan virus ini menular lewat udara.

Penyakit menular ini ditandai dengan ruam merah berbentuk bintik-bintik pada kulit, dan umumnya sering terjadi pada anak dan remaja yang belum mendapat vaksin campak, gondok, dan lainnya.

(rdk/mcr)
Tags Pemko DumaiVaksin Rubella
Komentar