• Home
  • Kesehatan
  • Kesadaran Masyarakat Dumai Pakai Masker Cukup Tinggi

Kesadaran Masyarakat Dumai Pakai Masker Cukup Tinggi

Hadi Pramono Jumat, 02 Oktober 2020 08:58 WIB
DUMAI - Kesadaran masyarakat menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah mulai tinggi setelah gencar dilakukan razia masker dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di Kota Dumai.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Bambang Wardoyo mengatakan dengan diterapkan Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 65 tahun 2020 tentang penggunaan masker kesadaran masyarakat mulai baik.

"Melihat kondisi jumlah pasien covid-19 di Dumai cukup tinggi, kita terus melaksanakan razia masker di jalan guna menyadarkan masyarakat tentang pentinggingnya mematuhi protokol kesehatan," katanya, Jumat (2/10/20).

Razia sendiri, kata dia, melibatkan Tim Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 Kota Dumai yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri, Dinas Perhubungan dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai.

Tim Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 Kota Dumai yang terdiri dari aparat Satpol PP, TNI-Polri, Dinas Perhubungan, dan Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai kembali melaksanakan razia masker untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

"Kita pada razia kami juga menerapkan sanksi sosial bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Tujuannya guna memberi efek jera dan menyadarkan masyarakat pentingnya menggunakan masker selama pandemi Covid-19 ini," katanya.

Disinggung sanksi sosial yang diterapkan itu, kata Bambang mulai dari menyapu jalan, push up, menyanyikan lagu Indonesia Raya, membacakan sila-sila Pancasila, dan lain sebagainya.

"Sanksi sosial dapat memberikan efek jera dan menjadi contoh serta panutan bagi warga lainnya agar menjalankan protokol kesehatan Covid-19 salah satunya menggunakan masker untuk mencegah penularan virus Corona," terangnya.

Dalam penerapam protokol kesehatan Covid-19, Operasi Yustisi keliling akan dilaksanakan secara terus menerus dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.
Tags Covid-19Covid 19Covid19Pemko DumaiVirus Corona
Komentar