• Home
  • Kesehatan
  • RSUD Dumai Ucapkan Terimakasih Kepada Pemberi Bantuan

RSUD Dumai Ucapkan Terimakasih Kepada Pemberi Bantuan

Advertorial Senin, 04 Mei 2020 22:32 WIB
DUMAI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) dan nutrisi bagi para tenaga kesehatan dalam penanganan pasien virus corona penyebab COVID-19.

Penyerahan bantuan ini merupakan wujud peduli dari berbagai kalangan kepada petugas kesehatan yang berjuang di Garda terdepan dalam menangani kasus COVID-19 khususnya yang ada di RSUD Kota Duumai.

Selain membeli secara mandiri, RSUD Kota Dumai yang merupakan rumah sakit rujukan COVID-19, juga banyak mendapat donasi APD hingga multivitamin dari berbagai kalangan baik itu perusahan dan masyarakat.

Direktur RSUD Kota Dumai, drg. Ridhonaldi mengapresiasi kepada seluruh elemen yang sudah memberikan bantuan dan dukungan kepada tenaga medis dan rumah sakit dalam melawan pandemi virus Corona atau Covid-19 ini.

"Kami membutuhkan banyak APD. Karenanya kami sangat berterimakasih atas bantuan ini. Kami akan manfaatkan APD ini untuk tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menangani kasus penyebaran virus corona," ucapnya.

Dijelaskannya, saat ini RSUD Kota Dumai menerima semua bantuan dari siapa pun selama itu dibutuhkan dalam mendukung peningkatan semangat dan safety petugas dalam melayani pasien khususnya dalam kasus COVID-19.

Dalam kesempatan ini Direktur juga mengajak semua untuk berdoa dan saling berkontribusi agar wabah COVID-19 ini dapat segera berakhir serta dapat dilalui dengan baik hingga kembali ke kondisi normal. 
"Namun apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan semoga kita siap dalam menghadapinya dan tidak mengalami hambatan dalam penanganannya. Mari kita bersama-sama melawan wabah Covid-19 ini dengan pola hidup sehat," pungkasnya.

Disisi lain, Kota Dumai saat menjadi daerah nomor dua terbanyak pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Riau setelah Kota Pekanbaru.

Dengan kondisi ini, Kota Dumai sudah ditetapkan sebagai daerah Zona Merah oleh Kementrian Kesehatan dan sedang bersiapan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Sedangkan untuk menangani pasien terinfeksi virus corona, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai telah ditetapkan oleh oleh Pemprov Riau sebagai salah satu rumah sakit rujukan.

Menurut Direktur RSUD Dumai, Drg. Ridhonaldi, sejak ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan corona, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, baik dari sisi tenaga medis maupun fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut.
"Salah satu yang terpenting adalah menyiapkan ruang isolasi untuk merawat pasien corona. Saat ini kita sudah siapkan ruangan isolasi yang dapat menampung sebanyak 40 pasien positif corona," ujarnya.

Awalnya, untuk mempersiapkan ruangan isolasi ini, pihaknya baru dapat menyediakan 25 tempat tidur untuk merawat pasien. Namun kekurangan itu akhirnya dapat diatasi berkat bantuan dari PT Chevron Pacific Indonesia.

"Alhamdulillah kemarin kita menerima sebanyak 23 set tempat tidur, lengkap dengan matras dan tiang infus. Dengan penambahan ini kita sudah dapat memenuhi kekurangan yang ada, bahkan kini kita dapat menampung 48 pasien," kata Drg. Ridho. 

Walikota Dumai Zulkifli AS menerima secara langsung bantuan tempat tidur pasien untuk RSUD Dumai, Senin (27/4/2020),  yang diserahkan Manager Dumai Operation PT CPI Yudianto Utomo. 

Dia mengaku bersyukur dengan adanya bantuan tempat tidur tersebut sehingga jika nantinya terjadi kenaikan jumlah pasien positif corona, RSUD Dumai sudah siap untuk menanganinya.

"Kami dari RSUD Dumai sangat berterima kasih kepada PT Chevron atas bantuan 23 tempat tidur ini. Demikian juga bantuan dari berbagai pihak selama ini yang dapat menambah semangat para tenaga medis untuk bertugas. Semoga apa yang diberikan Chevron ini mendapat balasan yang baik dari Allah SWT," ungkapnya.
Drg. Ridho mengungkapkan, untuk keberadaan tenaga medis yang melayani pasien positif corona maupun pasien dengan status PDP, pihaknya tidak memiliki kendala berarti. 

"Insya Allah kalau untuk jumlah tenaga medis tidak ada masalah, sejauh ini dapat kami tangani dengan baik. Kondisi kesehatan tenaga medis juga masih baik," ujarnya.

Demikian juga soal kebutuhan akan obat-obatan, menurut Drg, Ridho, pihak RSUD Dumai juga tidak mengalami kesulitan. 

"Saat ini yang masih kita butuhkan adalah Alat Pengaman Diri (APD) saat menangani pasien, jadi jika ada pihak yang ingin membantu kami dengan senang hati menerimanya," tutupnya.

Sebelumnya, SKK Migas-PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) menyerahkan bantuan 23 tempat tidur untuk pasien lengkap dengan matras dan tiang infus, Senin (27/4/2020). 

Hadir dalam penyerahan bantuan, Walikota Dumai, Zulkifli AS didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Syahrinaldi dan Direktur RSUD Dumai drg. Ridhonaldi. 

Penyerahan bantuan dilakukan Team Manager Dumai Operation PT CPI, Yudianto Utomo langsung kepada Walikota Dumai Zulkifli AS di RSUD Dumai. 

Kepada wartawan Walikota Dumai mengaku bahagia dengan bantuan yang diberikan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang tahun Kota Dumai yang jatuh pada tanggal 27 April 2020.

"Atas nama seluruh warga Dumai, izinkanlah saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk segala pengorbanan dan keikhlasan dalam membantu penanganan pandemi COVID-19 di Kota Dumai,” ungkap Walikota Dumai Zulkifli AS.

Artikel advertorial ini merupakan bentuk kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai.
Tags Pemko DumaiRSUD Dumai
Komentar