• Home
  • Maritim
  • Danlanal Dumai: Strategi Ketahanan Pangan Cukup Berarti Bagi Prajurit

Panen Raya Jagung dan Ikan Patin

Danlanal Dumai: Strategi Ketahanan Pangan Cukup Berarti Bagi Prajurit

Wili Hidayat Kamis, 02 September 2021 19:03 WIB
DUMAI - Panen raya jagung dan ikan patin di pimpin Komandan Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC, didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJA1, Renny Himawan bersama pengurus dan seluruh perwira serta Prajurit Lanal Dumai.

Panen raya jagung dan ikan patin berlangsung di kolam Budidaya Ikan Binaan Lanal Dumai, di Jalan Tanjung Jati, Gg. Veteran, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kamis 2 September 2021.

Danlanal Dumai, Himawan mengatakan, bukan hanya sebagai komoditi ekonomi, pangan juga merupakan komoditi yang memiliki fungsi sosial dan politik, baik nasional maupun secara global. 

Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Sebuah rumah tangga dikatakan memiliki ketahanan pangan jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan.

Ketahanan pangan merupakan ukuran kelentingan terhadap gangguan pada masa depan atau ketiadaan suplai pangan penting akibat berbagai faktor seperti kekeringan, gangguan perkapalan, kelangkaan bahan bakar, ketidak stabilan ekonomi, peperangan, dan sebagainya. 

"Ketahanan pangan mempunyai pengaruh penting terhadap pertahanan keamanan. Oleh karena itu, pemanfaat lahan tidur ini saya kira cukup berarti dalam rangka menjaga ketahanan pangan," kata Himawan, pada acara panen raya jagung dan ikan patin tersebut.

Pemanfaatan lahan tidur untuk tanaman dan kolam budidaya ikan, Himawan mengatakan, merupakan strategi Lanal Dumai dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan bagi prajurit.

"Seperti kegiatan panen raya yang baru kita laksanakan dan semua hasil panen kita bagikan kepada Prajurit, PNS maupun PHL Lanal Dumai. Di masa pandemi Covid-19 strategi ketahan pangan sangat berarti bagi prajurit TNI AL," katanya.

Babinpotmar Lanal Dumai Kopka PTR Alamsyah, selaku penanggung jawab pembudidaya ikan patin mengatakan, bahwa pemanfaatan lahan tidur untuk budidaya ikan patin atas perintah dari Danlanal Dumai.

Lahan tidur yang berada di area Mako Lanal Dumai, kata dia, dimanfaatkan untuk budidaya ikan sebanyak 12 ribu bibit ikan patin. "Bersama-sama kita lihat hasil dari budidaya ikan patin ini. Hasilnya cukup memuaskan," katanya.

Dijelaskannya, dengan adanya pemanfaatan lahan tidur untuk dijadikan tempat pembudidayaan ikan cukup membantu bagi prajurit TNI AL di Kota Dumai. "Lahan tidur bersemak itu sekarang sudah menghasilkan. Hasilnya cukup membantu prajurit," pungkasnya.
Editor    : Hadi Pramono
Tags Berita DumaiKetahanan PanganLahan TidurLanal DumaiTNI ALTNI AL Dumai
Komentar