• Home
  • Pendidikan
  • Dinas PPPA Dumai Pusatkan Belajar Sehari Diluar Kelas di SMPN 2

Hari Anak Internasional

Dinas PPPA Dumai Pusatkan Belajar Sehari Diluar Kelas di SMPN 2

Hadi Pramono Kamis, 07 November 2019 14:08 WIB
Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo didampingi Kadis PPPA Dumai Dameria menyerahkan Piagam Penghargaan Sehari Belajar Diluar Kelas kepada Kepala Sekolah SMPN 2 Dumai Hj Saidatun Syabibah.
DUMAI - Dalam rangka memperingati Hari Anak Universal atau Universal Children's Day, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melayangkan surat edaran terkait pelaksanaan sehari belajar di luar kelas. 

Hal ini menindaklanjuti surat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Launching kegiatan "Sehari Belajar Diluar Kelas" dipusatkan di SMP Negeri 2 Dumai yang dilakukan oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE, Kamis (7/11) pagi. 

Dihadiri oleh Kepala Dinas PPPA Hj Dameria SKM MSi, Sekretaris Disdikbud Deddy SPd MPd, Kepala SMPN 2 Dumai Hj Saidatun Syabibah SPd MPd, Ketua Forum Komite Sekolah se-Kota Dumai Ahmad Maritulius SE, komite sekolah dan komite kelas, orangtua wali murid, majelis guru dan pegawai tata usah serta peserta didik.

Wakil Walikota Dumai secara resmi melantik tim sekolah ramah anak dan melakukan tandatangan deklarasi sekolah ramah anak serta menyerahkan piagam penghargaan kepada SMPN 2 Dumai atas partisipasi dan keikutsertaan sekolah dalam pelaksanaan kegiatan ‘Sehari Belajar di Luar Kelas (OCD) tahun 2019’ serta sebagai Sekolah Ramah Anak di Kota Dumai diberikan dalam rangka Hari Anak Internasional tahun 2019.

"Kegiatan sehari belajar di luar kelas ini sangat positif sekali karena begitu banyak kegiatan yang dapat diikuti oleh anak-anak yang selama ini biasanya aktif belajar di dalam kelas saja ya sesekali perlu seperti ini belajarnya," kata Eko. 

Kemudian maksud dan tujuannya sendiri menurutnya cukup bagus supaya anak-anak menjadi generasi yang lebih mampu bersaing dengan mereka yang sekolah diluar negeri. Ada juga permainan tradisional, senam, PHBS dan kegiatan lain dengan harapan dapat mencetak anak-anak hebat dan cerdas serta siap bersaing dengan tantangan zaman.
Kepala SMPN 2 Dumai Hj Saidatun Syabibah SPd MPd menyampaikan pelaksanaan sehari belajar di luar kelas dilakukan dalam upaya memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak perlu memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan bakat dan kemampuan anak melalui Sekolah Ramah Anak.

”Alhamdulillah kegiatan sehari belajar di luar kelas di SMPN 2 Dumai berjalan lancar. Terimakasih kami atas kehadiran bapak Wakil Walikota yang melantik tim sekolah ramah anak serta menandatangani deklarasi sekolah ramah anak," ucapnya. 

Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan semua pihak baik Disdikbud dan Dinas PPPA terutama majelis guru, komite, orangtua wali dan anak-anak. Mudah-mudahan banyak pengalaman dan pembelajaran yang dirasakan anak-anak dalam mengikuti belajar di luar kelas ini.

"Apalagi ada permainan tradisional seperti kelereng, lempar galah, tonggak dingin, sambar elang, congklak dan banyak lagi guna memahami kearifan lokal,” ungkap Saidatun Syabibah kepada awak media.

Kepala Dinas PPPA Hj Dameria SKM MSi menambahkan bawa Kegiatan pengembangan Sekolah Ramah Anak ini digelar untuk memperingati Hari Anak Universal yang diperingati setiap tanggal 20 November. 
Kegiatan sehari belajar di luar kelas dilaksanakan secara serentak pada satuan pendidikan mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, MTS/SMP, SMA/MA dan SLB tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, pada Kamis (7/11).

Demi kelancaran dan efektifnya pelaksanaan kegiatan sehari belajar di luar kelas, dimintakan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Dumai dapat melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama di daerah masing-masing.

"Di Kota Dumai diikuti lebih dari 50 sekolah dan semuanya belajar di luar kelas. Semoga apa yang sudah kita lakukan hari ini bisa memberikan wawasan dan kemajuan kepada anak-anak kita," ujar Dameria berharap.

Adapun jadwal kegiatan sehari belajar di luar kelas yang akan dilakukan serentak yakni menyambut siswa dengan 3S (senyum, salam, sapa), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orang tua.

Kemudian, berdoa bersama setelah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang membahayakan siswa, memeriksa lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka, membaca buku di luar kelas. 

Simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak senam Germas permainan tradisional, tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak dan penutupan dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.
Tags Dinas PPPA DumaiPemko DumaiWawako Dumai
Komentar