• Home
  • Sosial
  • Dishub Dumai Bakal Laksanakan Uji Emisi Gas Buang Kendaraan

Dishub Dumai Bakal Laksanakan Uji Emisi Gas Buang Kendaraan

Hadi Pramono Jumat, 11 Agustus 2017 21:27 WIB
DUMAI - Dinas Perhubungan Kota Dumai akan melaksanakan kegiatan uji emisi gas buang kendaraan yang dipusatkan diseputaran wilayah kota selama dua pekan.

Ini sebagai tindak lanjut Peraturan Daerah (Perda) Kota Dumai No. 6 Tahun 2014 tentang pengujian emisi gas buang kendaraan. Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Perhubungan Dumai, Asnar, Jumat (11/8/17)

"Ini dalam rangka menggenjot pendapatan daerah dan uji emisi ini juga untuk mengendalikan gas buang kendaraan yang dihasilkan dari pembakaran mesin dan berdampak negatif terhadap lingkungan," kata Asnar.

Kegiatan ini, katanya, bertujuan agar masyarakat tahu dan sadar untuk segera melakukan uji emisi gas buang kendaraan serta akan mendapat surat rekomendasi jika kendaraan kurang ramah lingkungan.

"Kita tidak akan mengenakan biaya bagi kendaraan yang kurang ramah lingkungan atau tidak lulus uji emisi. Malah kita berikan rekom untuk segera diperbaiki kendaraanya," jelas pria yang juga menjabat Sekretaris Dishub Dumai ini. 

Dijelaskannya, untuk uji emisi kendaraan bermotor yang bakal dilaksanakan nantinya akan dikenakan biaya Rp 20 ribu untuk roda empat dan Rp 15 ribu untuk kendaraan roda dua.

"Setiap harinya jumlah kendaraan semakin bertambah, ruang kehidupan pun semakin berkurang, apalagi pohon-pohon sudah tidak banyak, makanya penyakit yang ada saat ini aneh-aneh dan inilah program kami berikan," imbuhnya.

"Pengujian emisi hari ini adalah kelanjutan. Ini bermaksud untuk memberikan kesempatan pada pengendara yang berada di sekitar lingkungan kantor Dinas Perhubungan yang belum sempat uji emisi," kata Effendi, Plt. Kepala UPT PKB Dishub Dumai.
 
Dijelaskannya, pengertian uji emisi terhadap mesin kendaraan yang dihasilkan oleh pembakaran kendaraan bermotor pada umumnya berdampak negatif terhadap lingkungan. Sehingga perlu diambil langkah untuk mengendalikan gas buang tersebut. 
 
"Beginilah salah satu caranya dengan pemeriksaan atau uji emisi secara berkala untuk mengetahui kandungan gas buang kendaraan yang berpotensi mencemari lingkungan," katanya usai melaksanakan uji emisi di halaman kantor Dishub Dumai. 
 
Menurut Asnar, dengan melakukan uji emisi kendaraan bermotor berati telah berpartisipasi dan mentaati Peraturan Daerah (Perda) Kota Dumai tahun 2014 tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor dan Perwako No. 15 Tahun 2014.
 
"Saya berharap praktek uji emisi ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehubungan dengan praktek uji emisi ini, masyarakat saya harap bisa berperan aktif tentang program pengujian emisi gas buang kendaraan," katanya.

Sebelum menyudahi, Asnar mengatakan bahwa program uji emisi gas buang kendaraan ini akan terus berkelanjutan hingga akhir tahun 2017. Maka dari itu, masyarakat diharapkan mendukung program tersebut.

(adi/adi)
Tags Dishub DumaiPADPemko Dumai
Komentar