Bupati Syamsuar Buka Kejurda Road Race Siak Championship 2016

Minggu, 01 Mei 2016 13:31 WIB
SIAK - Bupati Siak Syamsuar secara resmi membuka kejuaraan daerah road race Siak Championship 2016. 

Syamsuar saat itu ditemani ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kapolres Siak Ino Harianto, Perwira Penghubung Kodim Bengkalis Sumarno, Ketua Koni Siak Amzar, ketua Korwil IMI Siak Agus Samsir dan Anggota DPRD Sujarwo.

Ia sendiri langsung membuka seremonial  balapan motor bebek yang di ikuti sebanyak 70 pembalap itu, sabtu 30 April 2016 di arena sirkuit non permanen Panglima Ghimbam komplek DPRD Siak.

Syamsuar dalam sambutannya, kegiatan Kejurda Road Race Siak Championship 2016 ini merupakan langkah persiapan untuk mencari bibit tangguh untuk mengikuti kejuaraan daerah yang akan dilaksanakan di Bangkinang.

"Untuk itu kami harapkan kepada anak-anak dapat berkompetisi dengan baik sesuai dengan skill yang dimiliki," ucap Syamsuar, kepada peserta penunggang kuda besi tersebut. 

Disamping itu kata Syamsuar, ajang balap motor ini sengaja digelar dengan tujuan  untuk menyalurkan hobi dan bakat pemuda dan anak-anak Siak, serta untuk melatih disiplin para generasi muda  agar tertip berlalu lintas.

"Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baik mungkin, jadilah yang terbaik dan junjung sportifitas yang tinggi olahraga balapan," harapnya. 

Selain itu, Ia menghimbau pada bulan ramadhan nanti agar tidak ada balap liar di malam hari, hormatilah orang yang sedang ibadah tarawih.

Sementara itu Kapolres siak AKBP Ino Harianto SIk dalam sambutannya menyampaikan trimakasih terhadap pemerintah kabupaten Siak telah peduli dengan menyalurkan hobi anak-anak muda yang suka balapan.

Ino menambahkan, dalam 4 bulan terakhir sudah ada 200 kejadian lakalantas yang terjadi di Siak, hal ini terjadi dari usia anak-anak sekolah hingga usia 40 tahun. 

"Untuk itu pada kesempatan ini saya  menghimbau seluruh masyarakat agar mentaati aturan lalulintas, jadikan budaya sopan santun di jalan raya," harap Ino.

Ketua Panitia pelaksana Ridwan Helmi menyebutkan perlombaan pada event ini berjumlah sebanyak 11 kelas, Untuk kelas kejurkab dibagi menjadi 3 kelas yaitu, kelas bebek 4 tak 125 cc (mp3 dan mp4) non kategori, kelas bebek 4 tak 125 standar showroom, dan kelas matic 115 cc standard.

Sedangkan untuk kelas open dibagi menjadi 8 kelas, bebek 4 tak 150 cc tune up, bebek 4 tak 130 cc tune up, bebek 4 tak 110 cc tune up pemula, bebek 4 tak 125 cc tune up pemula, matic 130 cc tune up open, bebek 4 tak 125 cc tune up pemula Riau, FU/MX/Sonic tune up open dan vespa open.

70 peserta dengan 140 starter yang akan berlaga dimasing masing kelas selama 2 hari. Peserta berasal dari Siak, kota lainnya di provinsi Riau dan dari luar provinsi Riau.

Event balap motor ini bertujuan untuk membina serta memberikan suatu wadah bagi generasi muda dalam menyalurkan bakatnya dibidang otomotif yang diharapkan dapat menumbuhkan pembalap muda yang bisa mewakili kabupaten Siak dikancah nasional maupun internasional. 

Selain itu juga dapat mempromosikan kabupaten Siak sebagai daerah tujuan wisata kepada daerah lain. Oleh karena itu, bertandinglah dengan menjunjung tinggi sportifitas olahraga balap sepeda motor.

(adv/hum/nal)
Tags
Komentar