• Home
  • Dumai
  • Antisipasi Banjir, Pemko Dumai Bangun Jalan dan Drainase Diatas Tanah Hibah

Antisipasi Banjir, Pemko Dumai Bangun Jalan dan Drainase Diatas Tanah Hibah

Hadi Pramono Kamis, 05 Juli 2018 10:12 WIB
DUMAI - Pemerintah Kota Dumai lanjutkan proyek pembangunan jalan dan drainase diatas tanah hibah seorang warga berukuran 300 meter x 13 meter di Jalan Budi Kemuliaan untuk mengatasi persoalan banjir.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir mengatakan, proyek sebelumnya sudah dilakukan pemerataan dan penggalian menggunakan alat berat, dan dilanjutkan membangun jalan dan drainase sisi kanan dan kiri.

"Pembangunan jalan dan drainase ini sesuai komitmen pemerintah dengan warga menghibahkan tanahnya untuk mendukung program pengendalian banjir di dumai," kata Nasir, Kamis.

Pemerintah Dumai sangat mengapresiasi partisipasi warga bernama Andi Firman memberikan lahannya untuk dibangun jalan dan drainase oleh pemerintah guna mengatasi banjir.

Lahan hibah itu direncanakan awal akan membangun drainase yang diharapkan menjadi jawaban untuk mengtasi banjir di Jalan Budi kemuliaan karena sering digenangi air ketika hujan dan pasang air laut.

"Tidak adanya drainase langsung tembus ke sungai dan laut merupakan penyebab kawasan ini sering digengani air hujan atau pasang laut, dan diharap pembangunan jalan dan drainase ini dapat menjadi solusi mengatasi banjir,” ujarnya.

Solusi lain mengatasi permasalahan banjir dilakukan juga oleh pemerintah dengan jalan tembus ke bibir sungai dan nantinya bisa dibuat pelabuhan rakyat untuk dimanfaatkan masyarakat.

Partisipasi lain diberikan warga ke Pemerintah Kota Dumai adalah hibah lahan dari Hj Nurhayati dan nantinya juga ikut berpartisipasi membangun rumah Tahfiz Quran untuk masyarakat.

Sementara, warga hibahkan tanah Andi Firman mengatakan, sangat iklas dan bangga bisa menyumbangkan tanah kepada pemerintah sebagai wujud pengabdian dalam membangun daerah.

“Membangun itu tidak hanya tugas dan kewajiban pemerintah namun butuh partisipasi bersama, dan diharap dengan drainase ini banjir bisa teratasi," kata Andi.

(rdk/mcr)
Tags BanjirPemko DumaiSekda Dumai
Komentar