• Home
  • Dumai
  • Gubri Resmi Buka MTQ Riau ke 36 di Kota Dumai

Gubri Resmi Buka MTQ Riau ke 36 di Kota Dumai

Hadi Pramono Senin, 11 Desember 2017 08:17 WIB
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman didampingi Walikota Dumai Zulkifli AS beserta jajaran pejabat melakukan penekanan tombol serine tanda pembukaan MTQ XXXVI Riau tahun 2017 di Kota Dumai.
DUMAI - Puluhan ribu masyarakat baik dari Kota Dumai maupun luar Kota Dumai memadati venue utama Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 36 Tingkat Provinsi Riau, Ahad (10/12) malam. 

Warga tumpah ruah dan antusias menyaksikan pembukaan helat antar Kabupaten/Kota se Riau itu.
 
Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman didampingi Walikota Dumai Zulkifli As dan Wakil Walikota Dumai Eko Soeharjo membuka secara resmi Iven tahunan itu.
 
Iven tingkat Provinsi itu juga dihadiri  Ketua LPTQ Nasional Muhammdiya Amin dan pimpinan daerah dari 12 Kabupaten/Kota Se Riau dan pejabat-pejabat teras lainnya.
 
Pembukaan semakin berkesan ketika Said Aqil Husni Alnawwar bersama dua teman lainnya Darwin dan Indra Gunawan didaulat untuk membaca Al-Qur’an. Suara merdu sang Mantan Menteri Agama RI ini menggema di Taman Bukit Gelanggang. 

Tamu undangan dan masyarakat yang hadir pada malam pembukaan itu tampak begitu menghayati lantunan ayat suci Alquran yang keluar dari mulut sang Dewan Hakim MTQ Internasional itu. 
 
Usai pembacaan ayat suci Al-Quran dilakukan devilay perwakilan kafilah dari 12 Kabupaten/Kota se Riau. Satu persatu perwakilan kontingen masuk ke Taman Bukit Gelanggang.
 
Rangkaian pembukaan dilanjutkan dengan dinaikkannya bendera MTQ tingkat Provinsi Riau oleh pasukan pengibar bendera Kota Dumai.
 
Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan  perhelatan MTQ selalu mendapat antusias dari masyarakat. “Semoga bisa benar-benar bisa menjadi pedoman kehidupan dan meningkatkan keimanan,” tuturnya.
 
Untuk itu, ia berharap momentum MTQ selain meningkatkan prestasi para qori-qoriah dan hafiz-hafizah, namun juga bisa menjadi pedoman hidup bagi umat Islam di provinsi Riau. 
 
“Saya juga ucapkan terima kasih kepada pemerintah Kota Dumai sudah menjadi tuan rumah yang baik dan kami juga ucapkan terimakasih kepada seluruh kabupaten kota yang Ikut serta menyukseskan kegiatan MTQ ini,” tuturnya.
 
Walikota Dumai Zulkilfli As mengatakan atas nama pemerintah Kota Dumai dirinya mengucapkan selamat datang semua pihak di Kota Dumai. 

“Mari kita hidupkan Al-Qur’an ditengah kehidupan yang dimulai dengan magrib mengaji, gerakan ini selain sebagai syiar agama, namun juga bisa menjadi sosial kontrol bagi generasi muda,” tuturnya.
 
Ia juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah bertungkus melaksanakan seluruh rangkaian MTQ tingkat Provinsi Riau.  
 
“Kepada para peserta selamat bertanding,  jaga sportivitas, sekali lagi kami ucapkan terima kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan helat MTQ ini,” terangnya.
 
Ketua Panitia MTQ tingkat Provinsi Riau, Muhammad Nasir mengucap terima kasih kepada seluruh pihak terutama Pemerintah Kota Dumai dan Provinsi yang telah mendukung dan menyukseskan  kegiatan MTQ tingkat Provinsi Riau ini. 
 
“Dukungan material dan moril kepada panitia sehingga bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik,” terangnya.
 
Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada panitia pelaksana yang sudah bekerja keras sehingga jadwal pelaksanaan MTQ bisa berjalan sesuai dengan jadwal. 

“Kami menyadari banyak kekurangan dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau ini, oleh karena itu kami memohon maaf atas segala pelayanan yang kurang maksimal,” terangnya.
 
Di jelaskannya, ada  599 peserta akan ikut dalam ajang MTQ Riau ke-36 Tahun 2017 Tingkat Provinsi Riau di Dumai. “Kami berharap perlombaan juga terlaksana dengan baik,” tuturnya.
 
Ia mengatakan secara  rinci jumlah peserta  berasal dari Dumai sebanyak 55 peserta, Kabupaten Kuantan Singingi 51 peserta, Kabupaten Siak 51 peserta, Kabupaten Pelalawan 52 peserta, Kota Pekanbaru 52 peserta. 
 
Kabupaten Rokan Hilir 51 peserta, Kabupaten Kepulauan Meranti 51 peserta, Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 48 peserta, Kabupaten Kampar 45 peserta, Kabupaten Bengkalis 45 peserta, Kabupaten Rokan Hulu 56 peserta,  dan Kabupaten Inhu mengirimkan 42 peserta. 
 
“Ada beberapa cabor yang akan akan diperlombakan dalam MTQ Riau di Dumai yaitu Cabang Tilawah anak dan remaja dan Qira’at saba’ah dewasa akan dilaksanakan di astaka utama Jalan HR Soebrantas Dumai. Cabang Hitzhil Quran 1 dan 5 juz di Mesjid Habiburrahman Jalan HR Soebrantas Dumai,” terangnya.
 
Selanjutnya, Cabang Tartil dan Canet di Mesjid Taqwa Jalan Jendral Sudirman Dumai, Cabang Qira’at Saba’ah Murottal Remaja dan Dewasa di Mesjid Baiturrahman Jalan Marlanjaya. Cabang Hifzhil Quran 10, 20 dan 30 juz di Mesjid Almuhajirin Bukit Datuk. 
 
“Kemudian Cabang Tafsir Quran Bahasa Inggris, Arab dan Indonesia di Mesjid H Hasan Basri Jalan Soekarno Hatta Dumai,” terangnya.
 
Dikatakannya, Cabang Syarhil Quran tempat di gedung sri bunga tanjung jalan Putri Tujuh Dumai, Cabang Fahmil Quran di gedung serbaguna Jalan HR Soebrantas Dumai. 
 
“Terakhir Cabang Khattil Quran di Gedung LAMR Jalan Putri Tujuh Dumai, dan Cabang Musabaqah Makalah Quran di Aula Kampus STIA Lanncang Kuning Jalan Gunung Merapi Dumai,” tutupnya.

(Infotorial/Humas)
Tags Gubernur RiauPemko DumaiWalikota-DumaiWalikota Dumai
Komentar