• Home
  • Dumai
  • Pemko Dumai Distribusikan 275 Thermo Gun ke 7 Kecamatan

Pemko Dumai Distribusikan 275 Thermo Gun ke 7 Kecamatan

Hadi Pramono Kamis, 23 April 2020 20:12 WIB
Walikota Dumai Serahkan Thermo Gun
DUMAI - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai menyerahkan 275 alat pengukur suhu tubuh atau disebut Thermo Gun kepada Rukun Tentangga (RT) melalui Camat yang ada di daerah ini.

Adapun penerima secara simbolis, Camat Dumai Selatan menerima Thermo Gun sebanyak 45 unit, Camat Sungai Sembilan 61 unit, Camat Dumai Barat 52 unit, Camat Dumai Timur 60 unit.

Selanjutnya, Camat Dumai Kota 34 unit, Camat Bukit Kapur 10 unit, dan Camat Medang Kampai 13 unit. Diharapkan alat pengkur suhu tubuh ini bisa membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Dumai.

Bantuan yang diserahkan Walikota Dumai Zulkifli AS secara simbolis kepada para Camat dilangsungkan di depan Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai Jalan HR Subrantas, Kamis (23/4/20).

Zulkifli AS mengatakan, bantuan thermo gun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh RT. Pasalnya, total RT di daerah ini jumlahnya mencapai 536 RT yang tersebar di 33 Kelurahan dan 7 Kecamatan di Kota Dumai.

"Alat tes suhu tubuh ini harus dipergunakan dengan baik sesuai tujuannya yaitu membantu pemerintah mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona dengan cara mengukur suhu tubuh warganya masing-masing," imbaunya.

Diharapkan kepada seluruh RT yang sudah menerima thermo gun untuk dapat bekerja secara maksimal. Jika menemukan warganya yang suhu tubuhnya melebihi ambang batas normal hendaknya langsung lapor ke Puskesmas terdekat.

"Selain mengukur suhu tubuh warganya, RT bisa bantu memantau warga yang baru pulang dari daerah terjangkit atau zona merah Covid-19. Jika menemukan warganya baru pulang dari daerah terjangkit segera melapor," katanya. 

Jika ditemukan warganya yang baru pulang dari daerah terjangkit, maka kata Zulkifli AS, orang tersebut akan diperiksa kesehatannya dan masuk dalam Orang Dalam Pengawasan (ODP).

"Bantuan thermo gun juga harus dipertanggungjawabkan, sebab Thermo Gun dibeli menggunakan uang masyarakat. Jangan sampai rusak atau hilang, gunakan dengan benar-benar demi memutus mata rantai virus ini," katanya.

Kemudian kepada seluruh Camat agar berperan aktif mengawasi warganya, bantu pemerintah (tim gugus tugas Covid-19) memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Dumai. 

"Bagi RT yang belum mendapat alat Thermo Gun agar bersabar, dalam waktu dekat jika alatnya tersedia akan segera disalurkan kembali. Yang penting mari kita bersama-sama memutus mata rantai virus Covid-19 ini," pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
Tags Pemko DumaiThermo GunVirus CoronaVirus Covid-19Virus Covid 19Virus Covid-19Virus Covid 19Walikota-DumaiWalikota Dumai
Komentar