• Home
  • Kesehatan
  • Wawako Dumai Sebut Semua Kabupaten-Kota Punya Kesiapsiagaan Tanggulangi KKM

Wawako Dumai Sebut Semua Kabupaten-Kota Punya Kesiapsiagaan Tanggulangi KKM

Yulius Medi Kamis, 15 November 2018 09:53 WIB
DUMAI - Untuk mencegah, melindungi, dan mengendalikan penyebaran penyakit lintas negara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai mengadakan kegiatan penyusunan rencana kontinjensi penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat (KKM) di Pelabuhan Laut Dumai.

Sosialisasi dibuka oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE, Rabu (14/11) di Ballroom Hotel Grand Zuri Dumai. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan RI.

Acara dihadiri Sekretaris Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI dr. Asdikin Iman Hidayat Dachlan, Kepala Dinas Kesehatan Dumai H Paisal SKM MARS, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai, H. Efrizon SKM dan undangan lainnya.

Ketua panitia Suprapto SKM MSi mengatakan tujuan kegiatan ini untuk penyusunan kontinjensi  penanggulangan KKM di Dumai yaitu tersedianya dokumen Rencana Kontijensi sebagai pedoman dalam melakukan aksi dan tersedianya Instrumen kesiapsiagaan deteksi dini dan respon cepat dalam hal penanggulangan KKM.

Dijelaskannya, manfaat penyusunan kontinjensi penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat untuk penanggulangan KKM dan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya KKM di Pelabuhan Laut Dumai.

Acara ini dikuti 70 orang peserta terdiri dari pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai dan dari instasi terkait serta dari perusahaan yang ada di Dumai.

Sementara, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai H Efrizon SKM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam menanggulangi kejadian kedaruratan kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini memberikan dukungan legalitas serta pedoman dalam respon cepat untuk menanggulangi KKM di Pelabuhan Laut Kota Dumai. Dimana dalam rencana kontijensi direncanakan kegiatan untuk menghadapi suatu peristiwa KKM.

Kegiatan penyusunan rencana kontijensi dimulai dari penilaian potensi risiko KKM yang dapat masuk/keluar pintu masuk pelabuhan sehingga penyusunan Rencana Kontijensi ini dapat memberikan perlindungan optimal kepada masyarakat jika terjadi kedaruratan kesehatan masyarakat.

Terakhir Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE mengatakan setiap Kabupaten/Kota diwajibkan mempunyai kesiapsiagaan dalam penanggulangan KKM yang berpotensi wabah. 

"Berbagai macam penyakit dan virus dapat masuk dari manapun. Oleh karena itu diperlukan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan kejadian tersebut," kata wawako.

Oleh karenanya Pemko Dumai mendukung dilaksanakannya kegiatan ini sebab penyusunan Rencana Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat menjadi hal yang yang sangat penting.

Pertemuan ini sangat besar manfaatnya, karena para peserta akan memberikan pikiran bagi perkembangan kesehatan masyarakat. Wawako juga berharap pertemuan ini menghasilkan sesuatu yang berguna bagi keberlangsungan kesehatan masyarakat terutama dalam penanggulangan kedaruratannya di Kota Dumai.

Maka dari itu, wawako mengajak seluruh peserta mengikuti kegiatan ini sampai selesai agar apa yang menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dapat tercapai.

Dan  menurutnya pembangunan kesehatan masyarakat harus dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar dapat terwujud peningkatan derajat kesehatan masyarakat. 

(rdk/rdk)
Tags Pelabuhan DumaiPemko DumaiWawako Dumai
Komentar