• Home
  • Sosial
  • Pemko Dumai Gandeng BP SPAM Demi Tingkatkan Pelayanan dan Kualitas Air Bersih

Pemko Dumai Gandeng BP SPAM Demi Tingkatkan Pelayanan dan Kualitas Air Bersih

Hadi Pramono Selasa, 03 Juli 2018 17:30 WIB
DUMAI - Terpuruknya PDAM Tirta Dumai dalam memeberapa tahun belakangan dalam memberikan pelayanan air bersih bagi masyarakat, Pemerintah Kota Dumai menggandeng Badan pengembangan sistem penyediaan air minum (BP SPAM) dalam upaya peningkatan kualitas, penyebaran air bersih maupun manageman bisnisnya.

Untuk itu, dalam workshop fasilitasi penyusunan business plan dalam rangka penyepan air curah hasil kerjasama investasi SPAM yang dilaksanakan selama 2 hari ini pihak BP SPAM diharapkan dapat membantu pemerintah Dumai dalam memberikan pelayanan dasar berupa air bersih mengingat ditetapkannya Dumai sebagai kota strategis di Indonesia.

"Sesuai dengan tupoksi kerja kami adalah membantu pendampingan dan peningkatan air pelayanan dan penyedian air bersih bagi masyarakat termasuk Kota Dumai. Di Dumai PDAM nya sangat terpuruk dengan keadaan tidak baik baik pelayanan maupun fasilitas," ujar M.H Limbong salah seorang staff BP SPAM yang menghadiri worshop, Selasa (03/07/2018).

Menurutnya, Walikota Dumai sangat serius dalam pengadaan air bersih ini. Namun disadari sesuai dengan RPJM tidak kuat dalam mengerjakan proyek air bersih ini dan untuk itu pihaknya menggandeng pihak swasta dalam hal pengadaan air baku. Namun untuk pengelolaan dan penyaluran ke masyarakat akan tetap dilakukan oleh PDAM.

Selain pengembangan sistem spam Durolis oleh PUPR saat ini pihaknya juga terus mengoptimalkan pengadaan air bersih untuk masyarakat melalui kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

"Sistem KPBU mudah mudahan tahun depan akan berjalan secara optimal dan pengadaan air melalui program Durolis oleh PUPR akan menambah bahan baku air kita dalam memenuhi kebutuhan air di Kota Dumai ini," lanjut Limbong.

Walikota kata Limbong, sudah sangat serius dalam pengadaan air bersih bagi warga dan sudah banyak yang dia lakukan. Diharapkan tidak ada kembali penyedotan air bawah tanah yang akan merusak lingkungan serta membuat permukaan daratan akan semangkin rendah.

"Kita akan mengupayakan kembali mengoptimalkan PDAM yang sudah tidur. Kita akan meningkatkan prosukdi dengan mengesisting fasilitas PDAM sebelumnya. Jika sebelumnya kita hanya mampu memproduksi air bersih sekitar 40 liter perdetik maka akan kita optimalkan menjadi 120 liter perdetik yang dapat mengaliri 12 ribu sambungan," urainya.

Sementara Kadis PUPR Kota Dumai Sahminan sangat antusias dengan perhatian yang diberikan pemerintah pusat kepada Kota Dumai dalam pengadaan dan penyediaan kebutuhan dasar air bersih seiring dengan Dumai sebagai Kota Strategis.

"Untuk Esisiting insyaallah bulan Agustus atau September sudah dapat dikerjakan. Saat ini kita sedang fokus dalam mendata kebocoran dan sambungan liar yang ada di Kota Dumai," kata Saminan.

Dengan esisting terhadap fasilitas yang ada ini kita harapkan pelayanan air bersih di Kota Dumai ini dapat berlangsung dengan baik dan kita dapat melayani kebutuhan air bersih warga dengan mengaliri air ke rumah warga selama 24 jam, lanjutnya.

"Kita berharap BPSPAM terus melakukan pendampingan dan akan terus membantu mengawasi dan menggiring ke pemerintah pusat bagaimana peningkatan PDAMdi Dumai dapat dilakukan karena kita sadari semuanya baik anggaran maupun pekerjaan dilakukan oleh pemerintah pusat," tutupnya.

(zik/zik)
Tags Air BersihPemko DumaiWalikota-DumaiWalikota Dumai
Komentar