• Home
  • Kesehatan
  • Permudah Layanan Kesehatan, Dinkes Siak Luncurkan Aplikasi e-Puskesmas

Permudah Layanan Kesehatan, Dinkes Siak Luncurkan Aplikasi e-Puskesmas

Hadi Pramono Selasa, 25 Juli 2017 17:17 WIB
Bupati Siak Syamsuar didampingi Kadis Kesehatan Tony Chandra saat launching e-puskesmas.
SIAK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Siak telah meluncurkan sebuah aplikasi e-puskesmas sebagai pelayanan kesehatan berbasis internet yang dapat diakses oleh seluruh elemen masyarakat, dengan menggunakan telepon pintar (android) yang baru hari ini secara resmi dilaunching, Selasa (25/07/2017).

E-Puskesmas merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital pada Puskesmas. e-Puskesmas merupakan sistem terintegrasi yang mengimplementasikan aplikasi berbasis desktop dengan aplikasi berbasis online (website). 

Aplikasi berbasis desktop (e-Puskesmas Client Desktop) digunakan oleh puskesmas untuk melakukan pencatatan data pelayanan sehari-hari mulai dari data pasien, rekam medik, obat dan masih banyak lagi dengan dukungan berbagai fitur menarik. Pada aplikasi online e-Puskesmas mempunyai aplikasi  e-Puskesmas Client Website dan Reporting System.

Saat ditemui usai launching e-Puskesmas Bupati Siak Syamsuar menjelaskan, sistem ini diterapkan untuk mempermudah masyarakat atau pasien dalam mendapatkan kesehatan di puskesmas se-Kabupaten Siak.

"Dengan hadirnya sistem e-Puskesmas akan memudahkan Dinas Kesehatan dalam merekap laporan di bidang kesehatan serta tujuannya merupakan memberikan kemudahan kepada masyarakat melakukan pendaftaran, melihat antrian pasien di puskesmas serta tentunya juga langsung bisa berkonsultasi kesehatan secara gratis dengan dokter," ujarnya kepada bertuahpos.com.

Syamsuar berharap Dinas Kesehatan serta puskesmas bisa memaksimalkan penggunaan dari sistem e-Puskesmas.

"Kami juga berharap agar Dinas Kesehatan serta puskesmas bisa memaksimalkan penggunaan dari sistem e-Puskesmas dan mendorong dengan kegiatan yang nanti akan menghasilkan Sumber data akurat dan akuntable di setiap bidangnya," tambahnya.

(arf/btp)
Tags E-PukesmasE PukesmasPemkab Siak
Komentar